Banyak Kasus OTT Korupsi Terbaru, Sejauh Mana Peran Pengacara Membantu?

Kasus OTT Korupsi Terbaru

Bestlaw88 –  Kasus OTT korupsi terbaru saat ini terus diberitakan di berbagai media. Pejabat-pejabat negara dan kepala daerah banyak yang terlibat dalam kasus ini. Akses uang yang dapat dijangkau oleh para pejabat ini membuat mereka mudah terjerat korupsi. Tentu saja berbagai pihak yang terlibat perlu mendapat pendampingan dari pengacara untuk membantu pembelaan.

Kasus OTT Korupsi di Indonesia

Kasus korupsi yang terjadi di Indonesia ditangani oleh penegak hukum seperti KPK, kepolisian, dan kejaksaan. Salah satu teknik yang dilakukan dalam menjerat tersangka yaitu dengan OTT atau operasi tangkap tangan. Pada operasi yang biasanya dilakukan petugas KPK ini, petugas akan menangkap para pihak yang sedang melakukan tindakan korupsi. Barang bukti biasanya akan langsung didapatkan dalam operasi tersebut.

Pihak-pihak yang dituduh melakukan tindakan korupsi ini biasanya akan sulit mengelak karena adanya transaksi dan bukti korupsi. Namun tetap ada celah kesalahan yang mungkin dilakukan oleh petugas penegak hukum. Ini pentingnya dampingan dari pengacara agar klien mendapatkan haknya secara hukum.

Kasus OTT korupsi terbaru yang diberitakan ada yang menjerat seorang gubernur. Tak seperti kasus sebelumnya yang petugas menangkap saat proses transaksi suap, kali ini tersangka ditangkap saat sedang beristirahat.

Istilah tangkap tangan sendiri bisa mengacu pada KUHP. Tertangkap tangan merupakan tertangkapnya seseorang saat sedang melakukan tindakan pidana atau dengan segera sesudah beberapa saat tindak pidana dilakukan. Tangkap tangan juga bisa dilakukan sesaat setelah ditemukan benda yang diduga keras digunakan untuk melakukan tindak pidana.

Proses penangkapan yang dilakukan oleh petugas pada orang yang diduga melakukan tindak pidana biasanya sangat cepat. Namun orang tersebut tetap mendapatkan hak untuk menunjuk pengacara setelahnya.

Terduga tindak pidana korupsi tentunya membutuhkan bantuan dari pengacara yang profesional. Apalagi jika kasus yang dituduhkan kepadanya cukup berat atau merasa tuduhan ternyata tidak benar. Adanya pengacara bisa membantu pembelaan pada tersangka.

Kasus OTT korupsi bisa menjadi pembelajaran agar para pejabat tidak melakukan tindakan korupsi. Tak hanya pejabat, kasus suap juga sering menjerat para pengusaha. Baik pengusaha dan pejabat harus memahami tentang apa yang tidak boleh dilakukan termasuk tindakan KKN. Tak sedikit pengusaha yang terbiasa melakukan penyuapan atau pemberian hadiah pada pejabat saat ingin memenangkan proyek. Hal tersebut tentunya tidak diperbolehkan dan harus dihentikan.

Tak hanya berkaitan dengan suap dari pengusaha, ada juga kasus OTT korupsi terbaru yang melibatkan pejabat kementerian. Kasus tersebut juga cukup mendapat perhatian dari publik. Hukuman yang menanti para tersangka tentunya sangat berat. Baik pihak tersangka atau saksi bisa meminta bantuan pengacara untuk proses pembelaan.

Pengacara dalam Kasus Korupsi

Korupsi sebenarnya merupakan tindak pidana yang luar biasa atau extra ordinary crime. Tindak pidana yang satu ini tidak hanya merugikan negara namun dapat menyebabkan kemiskinan bagi masyarakat. Tak heran jika tak sedikit masyarakat yang kemudian tidak menyukai pembela koruptor. Namun praduga tak bersalah tetap harus dikedepankan sebelum ada putusan hakim. Oleh karena itu, terduga korupsi tetap membutuhkan bantuan dari pengacara profesional.

Seorang pengacara dalam kasus korupsi sangat dibutuhkan untuk mendampingi saksi atau tersangka/terdakwa. Namun pengacara sebagai penasihat hukum tentunya melakukan pembelaan sesuai dengan kapasitasnya. Ia tidak bisa melakukan pembelaan terlalu jauh sehingga mengaburkan kebenaran dan keadilan yang harus ditegakkan, khususnya dalam kasus korupsi.

Salah satu kantor pengacara yang bisa dipercaya untuk menangani berbagai kasus bisa dikunjungi melalui www.bestlaw88.com, atau bisa langsung dengan saya German Panjaitan, S.H., M.H. di nomor 081231487845 dan kantor via 031-60003418. Tersedia pengacara handal yang berpengalaman menangani berbagai kasus termasuk tindak pidana korupsi.

Memang tak sedikit masyarakat yang kemudian tidak menyukai saat ada pengacara yang dipakai untuk membela koruptor. Padahal peran pengacara bukan untuk membela tindakan dari tersangka, namun ada peran-peran lain yang dibutuhkan dalam penegakan hukum. Berikut ini beberapa peran pengacara dalam kasus korupsi:

  • Menegakkan Hukum, Kebenaran, dan Keadilan

Seorang pengacara bisa membantu melakukan penegakan kebenaran dan keadilan dalam kasus korupsi. Pengacara dapat membantu klien untuk mengatakan hal yang sebenarnya baik ia sebagai saksi atau tersangka. Pengacara bisa mendorong untuk membuka kasus secara jelas dan transparan.

  • Menjamin Hak Hukum Klien

Sebagai seorang pengacara yang tak bisa dipungkiri mendapatkan bayaran dari klien, maka pengacara tentunya harus memperhatikan hak yang dimiliki klien. Baik itu statusnya masih saksi atau tersangka, ada hak-hak yang tetap harus diberikan.

  • Melakukan Pendampingan Saat Pemeriksaan dan Penuntutan

Pengacara yang ditunjuk bertugas untuk melakukan pendampingan saat pemeriksaan di tingkat penyidikan. Adanya pengacara bisa membantu seseorang agar bisa berbicara yang sesungguhnya. Pendamping juga dapat mencegah penyidik melakukan tugasnya tanpa melakukan tindakan kekerasan.

Pengacara bisa menjadi sosok yang cukup penting dalam kasus pidana korupsi. Bahkan untuk saksi yang ingin didampingi saat pemeriksaan agar bisa lebih aman. Klien dapat menanyakan terlebih dahulu pandangan dari pengacara mengenai kasus hukum yang dihadapi.

Perlu untuk mendapatkan pengacara yang tidak hanya berusaha untuk meringankan hukuman saja namun juga memperhatikan masalah kebenaran. Tak sedikit pengacara dalam kasus korupsi yang ternyata malah melakukan tindakan tak terpuji. Ini malah bisa membuat mereka terjerat kasus hukum dan klien juga dirugikan.

Pendampingan untuk Kasus Korupsi

Terduga kasus korupsi biasanya akan mendapatkan panggilan pemeriksaan dari KPK. Ada juga yang langsung ditangkap karena adanya bukti yang kuat. Seseorang yang diduga terlibat dalam kasus korupsi harus segera menunjuk pengacara agar mendapatkan pendampingan hukum. Baik itu pejabat, pengusaha, atau pegawai biasa bisa terlibat kasus korupsi. Semuanya membutuhkan bantuan penasihat hukum agar dapat menjalani proses pemeriksaan dengan baik.

Ada juga terdakwa korupsi yang merasa tidak bersalah karena hanya sebagai bawahan yang menuruti atasan saja. Setiap orang yang terlibat kasus tersebut bisa mendapatkan hukuman yang beragam tergantung dari keputusan pengadilan. Seorang pengacara bisa membantu klien agar bisa mendapatkan keadilan sesuai dengan apa yang dia perbuat. Jadi tidak untuk membela tindakan korupsi yang dilakukan.

Pendampingan kasus korupsi bisa dilakukan sejak awal dari proses penyidikan dan pemeriksaan saksi. Seorang terduga korupsi awalnya bisa ditetapkan sebagai saksi saja. Oleh karena perlu didampingi oleh pengacara agar bisa menjawab pertanyaan dengan benar dan tanpa tekanan.

Peran pengacara dalam kasus korupsi juga bisa mendampingi tersangka saat proses penuntutan di persidangan. Pengacara juga bisa membantu dalam menyusun pledoi atau pembelaan untuk para tersangka. Jika hukuman yang diberikan dianggap tidak adil maka ada juga pilihan untuk banding. Pengacara bisa membantu klien untuk menangani hal tersebut sesuai dengan kapasitasnya.

Pengacara yang menangani kasus korupsi bisa bertanya dulu kepada klien soal sumber pembayaran atau fee. Ini mencegah aliran dana yang tidak seharusnya nantinya malah diserahkan kepada pihak pengacara. Pengacara yang baik dan menjaga kode etik tentunya juga tidak akan menjerumuskan klien mereka. Mereka akan melakukan peran pengacara dalam kasus korupsi dangan profesional sampai masalah selesai.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *