Ini Pentingnya Pengacara, Ketika Kenapa Artis Rentan Narkoba?

Kenapa Artis Rentan Narkoba

Bestlaw88 – Dunia hiburan yang gemerlap sampai saat ini bisa dibilang masih belum bebas dari jerat narkoba. Kenapa artis rentan narkoba tentunya banyak alasannya seperti masalah pergaulan yang kurang tepat. Para artis yang terjerat kasus narkoba ini perlu mendapatkan pendampingan dari penasihat hukum atau pengacara. Adanya pengacara bisa membantu mereka untuk mendapatkan hukuman yang lebih adil dan bisa direhabilitasi.

Kenapa Artis Rentan Narkoba?

Artis atau orang yang bekerja di dunia seni seperti aktor, penyanyi, sutradara, dan sejenisnya sebenarnya sama seperti orang kebanyakan. Mereka ada yang memiliki penghasilan besar namun ada juga yang penghasilannya masih kecil. Pekerjaan di dunia hiburan sendiri tidak menentu berbeda halnya dengan pegawai kantoran dengan jadwal tetap. Tekanan pekerjaan di dunia hiburan juga berbeda seperti menuntut mereka untuk tampil sempurna.

Adanya narkoba atau obat-obatan terlarang kadang membuat para artis tergoda untuk menggunakannya. Apalagi jika mereka berada di lingkungan yang tidak benar atau rawan. Pengedar narkoba bisa dengan mudah menawarkan pada para artis ini. Lalu mengapa mereka rentan terkena kasus narkoba? Berikut ini beberapa alasannya:

  • Pergaulan yang Rawan

Narkoba bisa mudah didapatkan di lingkungan tertentu. Dunia malam seperti di kelab atau cafe tak jarang menjadi tempat untuk pengedar beraksi. Tak hanya itu, pertemanan yang salah dengan pecandu dan pengedar juga bisa membawa seseorang terjerat narkoba. Artis sendiri bisa dibilang sering bekerja di malam hari. Tak jarang mereka juga harus berada di tempat-tempat hiburan yang menjadi target para pengedar narkoba.

  • Stres

Stres atau depresi sering dialami oleh para selebriti. Ini bisa dialami karena tekanan pekerjaan yang berat dan tak menentu. Depresi bahkan bisa diderita artis karena komentar buruk dari para hater. Pelarian mereka dari masalah mental tersebut bisa jadi dengan menggunakan narkoba. Obat-obatan terlarang bisa membuat mereka lupa akan masalah walaupun hanya sejenak. Itu salah satu alasan yang bisa mendorong mereka untuk terjerat narkoba.

  • Memberikan Kesenangan dan Kekuatan Walau Sementara

Pekerjaan para selebriti menuntut mereka untuk bekerja siang dan malam. Narkoba sendiri memiliki efek yang meningkatkan semangat dan kekuatan namun sementara. Ini juga bisa menjadi alasan para artis untuk memakai narkoba. Mereka ingin terlihat tampil prima walaupun sudah bekerja seharian.

  • Adanya Uang

Membeli narkoba membutuhkan uang yang tak sedikit apalagi jika sudah kecanduan. Para artis biasanya memiliki uang yang cukup untuk membeli narkoba. Tak heran jika para pengedar kemudian menawarkan pada mereka.

  • Direhabilitasi dan Masih Bisa Kembali ke Dunia Hiburan

Di Indonesia sendiri mantan pecandu narkoba masih tetap bisa kembali bekerja sebagai artis. Para fans rata-rata juga memaafkan jika mereka sudah direhabilitasi. Para artis banyak yang bisa langsung direhabilitasi jika terbukti hanya pemakai. Setelah proses rehabilitasi selesai maka mereka bisa kembali mendapatkan pekerjaan. Namun ini tentunya tak boleh menjadi alasan mereka terjerat narkoba lagi.

Kasus narkoba yang menjerat artis sendiri ada beragam, dari yang ringan sampai yang berat. Jika kasusnya ringan misalnya hanya memakai dengan barang bukti sedikit maka rehabilitasi bisa dilakukan tanpa harus dipenjara. Namun ada juga selebriti yang malah terjerat kasus narkoba yang berat yaitu menjadi pengedar.

Hukuman untuk pengedar narkoba jauh lebih berat daripada sekadar pengguna. Pengedar narkoba bisa mendapatkan hukuman minimal lima tahun dan bahkan diancam pidana mati. Oleh karena itu pentingnya pendampingan dari pengacara profesional yang telah berpengalaman dengan kasus serupa.

Pentingnya Pengacara Kasus Narkoba

Meskipun banyak artis yang terjerat kasus narkoba bisa direhabilitasi namun penting untuk adanya pengacara yang mendampingi. Kasus narkoba sendiri ada beragam berdasarkan perbuatan yang dilakukan. Artis biasanya lebih pada pengguna narkoba walaupun ada juga yang kemudian ikut mengedarkan atau menjual narkoba. Pengguna narkoba sendiri ada beberapa jenis, antara lain:

  • Penyalahgunaan. Penyalahgunaan narkoba merupakan orang yang menggunakan narkotika tanpa hak
  • Pecandu Narkotika. Pecandu narkotika merupakan orang yang menggunakan dan ketergantungan pada narkotika baik fisik  maupun psikis
  • Korban Penyalah Guna Narkotika. Korban penyalahgunaan narkotika merupakan orang yang tidak sengaja menggunakan karena dibujuk, diperdaya, ditipu, diancam atau dipaksa
  • Pasien. Pasien merupakan orang yang diberikan narkotika oleh dokter. Narkotika yang diberikan dokter merupakan golongan II atau III dengan jumlah terbatas sesuai ketentuan undang-undang.

Adanya beberapa jenis pengguna serta perbuatan yang berkaitan dengan kasus narkoba tentunya harus dipahami oleh pihak tersangka. Inilah mengapa pentingnya pengacara kasus narkoba. Pengacara bisa membantu untuk membuat seseorang bisa mendapatkan status yang jelas terkait penyalahgunaan narkoba yang dilakukan. Pengacara dapat mendampingi tersangka baik dalam pemeriksaan di kepolisian atau pengadilan.

Pengacara kasus narkoba dapat membantu untuk mengatur strategi pembelaan yang dapat dilakukan. Strategi pembelaan yang biasanya diterapkan dalam membela kasus pidana seperti narkotika antara lain putusan bebas, putusan rehabilitasi, penempatan di tempat rehabilitasi, dan terlepas dari jerat hukum sebagai pengedar.

Secara umum, tersangka kasus narkoba sangat memerlukan pendampingan dari pengacara. Beberapa peran pentingnya pengacara kasus narkoba, antara lain:

  • Mendampingi di Tingkat Penyidikan

Proses penyidikan dilakukan oleh pihak kepolisian pada para tersangka dan saksi. Pengacara dalam hal ini bisa mendampingi kliennya saat proses pemeriksaan. Pengacara dapat memastikan bahwa proses penyidikan yang dilakukan sah dan sesuai dengan ketentuan hukum. Proses pemeriksaan sendiri bisa memberikan tekanan pada tersangka sehingga hadirnya pengacara bisa lebih menguatkan mental.

  • Menjamin Hak-hak Tersangka

Adanya pengacara yang mendampingi dalam menghadapi kasus narkoba bisa menjamin hak-hak tersangka. Pada kasus pidana seperti narkoba tersangka bisa ditangkap dan ditahan. Pengacara bisa membantu agar proses tersebut tidak melanggar hak tersangka.

Pengacara juga dapat membantu mengajukan pra peradilan jika dirasa proses yang dilakukan tidak sah. Jika terjadi pelanggaran hak tersangka maka pengacara bisa mengajukan keberatan langsung atau mengajukan pengaduan pada pengawas.

  • Mendampingi di Tingkat Penuntutan

Saat proses penyidikan sudah dirasa cukup, maka berkas perkara akan diserahkan pada penuntut umum. Pengacara bisa meminta agar penuntut umum menempatkan kliennya di tempat rehabilitasi pada tingkat penuntutan ini. Permintaan ini bisa dilakukan dengan pertimbangan kesehatan dari klien.

  • Mendampingi di Tingkat Persidangan

Pentingnya pengacara kasus narkoba bisa juga dilihat dalam hal mendampingi di tingkat persidangan. Tersangka sangat membutuhkan bantuan pengacara untuk membelanya di persidangan.

Masalah kasus narkoba memang tidak bisa dianggap ringan karena jika terbukti sebagai pengedar maka hukumannya bisa sangat berat. Kenapa artis rentan narkoba sendiri sudah dijelaskan bahwa akses yang mudah terhadap narkoba menjadikan risiko mereka lebih tinggi.

Pendampingan pengacara sangat diperlukan tak hanya bagi para artis saja namun orang biasa yang terjerat narkoba. Bagi yang membutuhkan jasa pengacara, www.bestlaw88.com dan German Panjaitan, S.H., M.H. di nomor 081231487845 dan juga kantor di 031-60003418, bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mendapatkan tim pengacara yang andal. Tim pengacara yang profesional dapat membantu klien untuk mendapatkan keadilan.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *