Peran Pengacara yang Siap Mendampingi di Kepolisian

Cara Pendampingan di Kepolisian

Bestlaw88 – Saat seseorang mendapatkan panggilan pemeriksaan dari kepolisian maka pendampingan dari pengacara biasanya diperlukan. Apalagi bagi orang awam yang tidak mengerti tentang aturan hukum dan permasalahan hukum yang sedang dihadapi. Cara pendampingan di kepolisian sendiri bisa dilakukan dengan melakukan kerja sama dengan lembaga bantuan hukum atau advokat.

Pengacara Mendampingi di Kepolisian

Status tersangka atau saksi sama-sama membutuhkan pendampingan dari advokat saat pemeriksaan. Meskipun tidak wajib, namun saksi bisa lebih merasa aman saat ada pendampingan dari advokat. Tak jarang saksi atau tersangka bisa merasa tertekan saat proses pemeriksaan oleh polisi. Tekanan tersebut bisa membuat seseorang menjawab hal yang tidak sesuai dengan kebenaran.

Pengacara sendiri telah memiliki pengetahuan mengenai hukum. Mereka bisa diajak untuk berkonsultasi tentang permasalahan hukum yang dihadapi oleh seseorang. Sebelum mendatangi kepolisian, ada baiknya lebih dulu berkonsultasi dengan pengacara. Setelah itu baru menentukan kapan akan datang ke kantor kepolisian. Berikut ini cara pendampingan di kepolisian.

  • Menghubungi Kantor Pengacara Profesional

Saat seseorang ditetapkan sebagai tersangka atau menjadi saksi atas sebuah kasus hukum ada baiknya untuk segera menghubungi pengacara. Saat ini ada banyak kantor pengacara profesional yang bisa dihubungi, namun perlu mencari yang memang cocok. Pengacara yang terpercaya dan berpengalaman menangani klien dengan baik sangat diperlukan. Jangan sampai pengacara yang dipilih malah membuat kasus hukum yang dihadapi menjadi semakin rumit.

  • Memastikan Surat Pemanggilan ke Kantor Kepolisian Memang Sah dan Jelas

Pengacara juga dapat memastikan bahwa surat pemanggilan pada seseorang memang sah dan jelas. Alasan pemanggilan harus jelas dengan adanya tenggang waktu yang wajar setelah diterimanya panggilan. Jika surat tersebut memang tidak ada masalah maka orang yang dipanggil wajib datang kepada penyidik. Pengacara yang baik tentunya akan mendorong kliennya untuk mematuhi hukum dengan datang tepat waktu.

  • Memenuhi Panggilan Kepolisian Bersama dengan Pengacara

Selain untuk konsultasi masalah hukum yang dihadapi, pengacara dapat ditunjuk untuk menjadi penasihat hukum seseorang secara resmi dalam kasus tertentu. Saat pihak kepolisian melakukan pemanggilan, baik statusnya tersangka atau saksi maka bisa didampingi oleh pengacara yang ditunjuk. Seseorang bisa datang ke kantor kepolisian yang memanggilnya bersama dengan pengacara. Tak hanya datang bersama, namun saat proses pemeriksaan maka pengacara akan mendampingi.

  • Didampingi oleh Pengacara

Pemeriksaan yang dilakukan oleh pihak kepolisian biasanya berupa wawancara atau interogasi kepada saksi atau tersangka. Dalam pemeriksaan tersebut, pengacara bisa mendampingi saksi atau tersangka. Pengacara bisa memberikan nasihat tentang masalah pertanyaan yang mungkin membingungkan. Pengacara juga bisa memastikan agar kliennya mendapat perlakukan yang baik oleh pihak kepolisian.

Dampingan pengacara pada tersangka khususnya merupakan bentuk perlindungan hak konstitusional. Ini sesuai dengan Miranda Principles yang juga diakomodir oleh sistem hukum di Indonesia.

Dalam KUHP disebutkan bahwa seseorang berhak mendapatkan bantuan hukum guna kepentingan pembelaan selama dalam waktu pada setiap tingkatan pemeriksaan. Tersangka atau terdakwa juga berhak memilih sendiri penasihat hukumnya. Tak hanya pemeriksaan di kantor kepolisian, saksi atau tersangka juga perlu mendapat pendampingan saat berada di pengadilan.

Pengacara yang profesional tentunya akan membimbing kliennya agar bisa mendapatkan keadilan di mata hukum. Para saksi juga dapat terjamin keamanannya saat diperiksa. Tak sedikit tersangka atau saksi yang merasa kebingungan saat diperiksa. Tanpa pengalaman dan pengetahuan soal hukum akan menyulitkan mereka jika tanpa adanya pendampingan dari advokat. Pengacara yang baik sangat diperlukan untuk mendampingi seseorang saat pemeriksaan baik it di polsek, polres, atau polda.

Manfaat Pengacara di Kepolisian

Di pengadilan, pengacara bisa menjadi pembela bagi kliennya. Saat dipojokkan oleh penyidik atau saksi yang memberatkan maka pengacara bisa membantu pembelaan klien. Selain peran penting pengacara sebagai pembela di pengadilan, ada juga peran pengacara di kepolisian. Orang dengan status tersangka atau saksi biasanya diperiksa di kantor kepolisian. Pengacara dapat mendampingi klien saat proses pemeriksaan tersebut.

Berikut beberapa manfaat pengacara di kepolisian.

  • Memberi Pengetahuan Hukum

Pengacara sudah sepatutnya memiliki pengetahuan hukum yang baik. Ini diperlukan untuk memberikan pengetahuan hukum kepada kliennya. Saat di kepolisian, klien dari pengacara bisa seorang tersangka, terlapor, pelapor, atau saksi. Jadi bukan hanya tersangka saja yang membutuhkan pendampingan saat berada di kepolisian.

Seorang pelapor yang ingin melaporkan kasus hukum juga ada baiknya didampingi oleh pengacara. Adanya pengacara bisa membantu klien untuk mengambil langkah hukum yang tepat dan apa yang sebaiknya dilakukan.

  • Menjamin Hak-hak Hukum dari Klien

Manfaat pengacara di kepolisian juga untuk menjamin hak-hak hukum dari kliennya. Hak yang dijamin oleh undang-undang misalnya apakah tindakan yang dilakukan kepolisian sudah sah atau tidak di mata hukum.

Seorang klien yang terlibat kasus hukum bisa mendapatkan tindakan penangkapan, penahanan, penetapan tersangka, dan lain-lain. Adanya pengacara yang mendampingi klien saat pemeriksaan di kepolisian bisa lebih menjamin hak tetap terpenuhi.

  • Menjamin Pemeriksaan Tanpa Tekanan

Penyidikan suatu kasus hukum membutuhkan pemeriksaan dari tersangka atau saksi. Adanya pemeriksaan yang dilakukan oleh kepolisian ini tak jarang bisa memberikan tekanan bagi seseorang. Rasa tertekan tersebut bisa membuat seseorang malah mengatakan yang tidak sesungguhnya.

Pemeriksaan dengan kekerasan pun tak bisa dipungkiri kadang dapat terjadi. Adanya dampingan dari pengacara bisa menjamin bahwa pemeriksaan yang dilakukan oleh polisi dilakukan dengan tepat. Pengacara juga dapat mendorong agar klien berkata kebenaran tanpa adanya tekanan.

  • Peran Pasif untuk Melihat dan Mendengar Pemeriksaan

Di dalam proses pemeriksaan seseorang di kepolisian, pengacara mendapatkan peran pasif. Namun peran yang pasif tersebut juga berguna untuk membantu menangani kasus hukum. Pengacara yang hadir dalam pemeriksaan kliennya bisa melihat dan mendengar jalannya wawancara. Ia bisa mendapatkan tambahan informasi baik dari polisi maupun klien. Ini tentunya akan membantu untuk penyelesaian kasus.

Adanya pengacara yang mendampingi seseorang saat berada di kepolisian, apapun statusnya, akan lebih baik daripada sendirian. Selain di kepolisian dan pengadilan, pengacara juga bisa dibutuhkan untuk mengurus masalah hukum lainnya. Pengacara tidak hanya untuk menghadapi kasus hukum saja, namun dapat mendampingi dalam hal perizinan, perjanjian, legalitas, dan lain-lain.

Manfaat pengacara di kepolisian sudah cukup jelas sehingga tidak perlu ragu jika ingin didampingi oleh advokat. Pelapor yang ingin melaporkan seseorang atau badan hukum juga bisa lebih aman saat didampingi oleh pengacara. Hubungi kantor pengacara profesional untuk mendapatkan tim pengacara yang dapat dipercaya. Pastikan kantor bantuan hukum yang dipilih sudah memiliki izin.

Cara pendampingan di kepolisian sendiri bisa dilakukan dengan pengacara yang sudah ditunjuk. Ada baiknya seseorang memiliki konsultan hukum yang tetap, apalagi jika untuk masalah bisnis. Kepentingan hukum bisa lebih terjamin dan dapat menambah kredibilitas perusahaan.

Bagi yang ingin berkonsultasi masalah hukum atau ingin mendapatkan bantuan dari pengacara profesional bisa dipercayakan pada www.bestlaw88.com atau bisa juga via saya German Panjaitan, S.H., M.H. di nomor 081231487845 & kantor di 031-60003418. Tersedia tim pengacara andal yang dapat membantu dalam pendampingan di kepolisian.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *