Pentingnya Kehadiran Konsultan Hukum Di Pasar Modal

ben-rosett-WdJkXFQ4VHY-unsplash

Pasar modal perkembangannya semakin baik dan pesat karena kehadiran pasar modal sudah menjadi kebutuhan khusus bagi bisnis dan usaha. Baik investor maupun pengguna dana berkumpul dalam satu tempat sehingga satu sama lain saling membutuhkan.

Pasar modal pun sudah diatur sesuai dengan Undang-undang No. 8 Tahun 1995 sehingga keberadaannya diakui secara hukum. Paling penting dari kegiatan pasar modal ini adalah adanya kepastian hukum.

Setiap kegiatan dari pasar modal ini tidak akan pernah lepas dari adanya kegiatan hukum sehingga konsultan hukum pasar modal pun sangat dibutuhkan.

Profesi konsultan hukum pasar modal ikut berperan penting dalam setiap kegiatan pasar modal. Manfaat yang sangat dirasakan dari keberadaan konsultan di pasar modal di antaranya adalah:

  1. Adanya suatu pernyataan bahwa perusahaan yang sudah terdaftar tersebut harus disertai dengan adanya legal audit atau pemeriksaan secara hukum. Ini hanya bisa dilakukan oleh konsultan hukum yang sebelumnya sudah menjadi konsultan hukum perusahaan tersebut.
  2. Adanya kewajiban lainnya yang harus dipenuhi adalah mengenai adanya legal opinion atau pendapat hukum. Semua ini harus dibuat oleh konsultan hukum yang sebelumnya sudah ditunjuk, dan lain-lain.

Besarnya peranan konsultan hukum di pasar modal inilah yang membuat konsultan hukum harus bekerja dengan baik dan maksimal.

Profesi ini menjadi sangat besar peranannya sehingga setiap perusahaan harus memiliki konsultan hukum.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *