Peraturan Perbankan Syariah Menjadi Tolak Ukur Perkembangannya

jeshoots-com-LtNvQHdKkmw-unsplash

Sejak awal berdirinya bank syariah sudah menjadi agin segar meningkatnya kesadaran masyarakat untuk menyimpan dananya pada bank syariah. Dari waktu ke waktu bank-bank konvensional pun mulai membuka lini syariah.

Hal ini memberikan kemudahan bagi setiap orang yang hendak menyimpan dananya pada bank syariah. Perkembangan bank syariah di Indonesia harus sejalan dengan semakin meningkatnya jumlah nasabah dan peraturan yang mengaturnya. Inilah yang membuat konsultan hukum perbankan syariah semakin dibutuhkan. Baik untuk membantu membuat aturan dan mengawal peraturan tersebut agar bisa berjalan sebagai mana mestinya.

Ketentuan pada bank syariah pun sangat berbeda dengan bank pada umumnya. Apabila selama ini Anda biasa mengenal istilah bunga maka pada bank syariah sistem yang digunakan adalah bagi hasil. Bank syariah dengan menggunakan bagi hasil ini bisa ditemui baik pada bank umum maupun bank perkreditan. Bagi hasil pun diberikan pada nasabah seharusnya sesuai syari’at.

Apabila sampai terjadi sengketa pada bank syariah lebih mengutamakan jalan musyawarah terlebih dahulu. Upaya ini pun digunakan sebagai suatu langkah agar ditemukan jalan keluar yang lebih baik. Walaupun Anda akan mendengar istilah-istilah yang berbeda namun kedepannya diharapkan bisa lebih memahami aturan yang berlaku pada bank syariah.

Inilah yang membuat konsultan hukum perbankan syariah harus orang-orang yang berkompeten dalam hukum Islam. Diharapkan suatu hari nanti perbankan syariah bisa benar-benar menerapkan aturan hukum sesuai dengan syari’at yang sudah mengaturnya.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *